[REVIEW] EXO December, 2014 (Winter’s Tale) and EXO Teaser 2015

Sedikit review mengenai lagu spesial natal Winter’s Tale dan EXO Teaser 2015

Perhatikan gambar ini…

exo teaser 2015Sebuah labirin dimana 10 bola/kelereng/berlian berada diluar sedangkan 2 kelereng berputar-putar dan kebingungan di dalam labirin. Apa maksudnya?

Di penghujung December ini bahkan December udah hampir gak kerasa baunya, exo lagi-lagi ngeluarin album, lebih tepatnya lagu. Beda sama tahun-tahun SM sebelum EXO menjulang kayak gini. Mereka pada kompak bersatu bikin lagu dengan embel-embel SMTOWN. Dimana mereka bikin projek lagu bareng. Yang malah kerasa aura kekeluargaannya. Bukankah kebanyakan agensi mencari momen seperti ini untuk menunjukkan sisi kekeluargaan mereka? Misalnya aja Starship yang dari tahun ke tahun bikin projek bareng buat natal, Pink Romance, Snow Candy sampe yang terbaru Love is you. Selain itu banyak agensi lain yang bikin projek serupa. Sama kayak SM dulu sebelum lahir SM Rookies dan embel-embelnya.

Well, meski aku (dengan jujur) menghargai kemunculan adanya bocah-bocah kecil yang dicuri masa remajanya (baca smrookies) tetapi ada satu poin penting yang gak bakal bisa keganti bahkan jika bocah ini debut kemudian hari. Bener banget jika di SMEnt muncul golongan lama (SJ,SNSD,Trax,f(x),SHINee,EXO dll) dan golongan baru (Red Velvet, SM Rookies). Dengan adanya era yang semakin berubah, mau gak mau SM turut berubah pula. Dulu jika comeback artis SM selalu dinanti karena selalu memunculkan konsep baru dan wah. tetapi sekarang kita cuma bisa puas dengan konsep yang terkesan mendadak. Kita cukup dibuat bosan dengan comeback dari artis yang sama. Salah satu poin yang bikin aku nyesel di tahun ini adalah ‘Tidak masuknya f(x) dalam nominasi MAMA 2014 satupun’ meski gak ada hubungannya, tapi kita semua tahu jika MAMA ajang yang sangat bergengsi dan berpengaruh. Dengan comeback f(x) yang menurut aku sangat bagus dan berkonsep malah gak masuk kategori apapun. Bahkan kategori grup wanita pun enggak. Sedangkan EXO hampir memenangkan seluruh kategori termasuk Asian Style. f(x) sangat stylish disini. Tolong jangan bash, saya juga EXO-L

Sangat disayangkan tahun ini menjadi tahun yang berat bagi SM. Dari artis-artisnya yang melepaskan diri hingga jatuhnya saham yang sangat curam. Bagaimana mau betah kalo sistem didalamnya kayak gini? Setuju buat Sungmin yang cepet-cepet nikah, disamping pemberitaan yang bikin otak panas mungkin Sungmin udah mulai berpikir masa depan. Dia hidup bukan untuk jadi boneka. Juga setuju buat Sulli yang memutuskan ‘istirahat’ entah dua tahun atau lebih. Setidaknya menjelaskan pada kita bahwa menjadi seorang artis SM adalah pilihan yang berat.

 

EXO-L dimanjakan lagi dengan projek-projek EXO yang aku rasa sangat mendadak dan kurang persiapan. Semua sudah tahu mengenai teaser yang dipublish SM, tetapi gak banyak yang menduga bahwa diakhir tahun EXO juga bakal ngerilis lagu. Dengan konsep yang masih sama dengan tahun lalu, serasa ngeliat Miracle in December part 2. Projek kali ini terkesan ‘sudah untung jadi’.

Lagu ini dirumorkan adalah versi remix dari lagu milik penyanyi K.Michelle berjudul Long Time No See.

Entah SM sudah membeli hak ciptanya atau belum, yang jelas fans mulai banyak berspekulasi tentang ini. Menurut aku lagu ini emang bagus tapi kurang menyampaikan arti sesungguhnya dari lagu ini.

Mengitari dunia beberapa kali hanya tuk bertemu denganmu lagi
Kaulah satu-satunya yang memberiku pelukan hangat
(Sayang, kau yang memelukku hangat)
Salju putihpun terjatuh, mengingatkanku akan dirimu, berkumpul dengan perlahan
(Salju turun sepertimu sayang)
Dan musim salju yang dingin itu, menghilang bak melelehnya salju yang keras

dikutip dari polarbyun

Sama kayak Miracle in December, lagu ini malah kerasa kayak lagu sakit hati

exowt6 exowt exowt2 exowt3 exowt4 exowt5

Lalu teasernya….

 

exoteaser

Gak ada penjelasan apakah comeback mereka nanti akan dipecah menjadi dua kubu K atau M. Tapi di awal-awal teaser kita sudah ditunjukkan sebuah gasing yang berputar dan ‘gak seimbang’. Menggambarkan jika EXO kali ini sedang goyang dengan masalah yang mereka hadapi. Semoga saja mereka nggak seperti gasing, saat berputar cepat mereka akan tenang, saat berputar lambat mereka akan terombang-ambing dan berhenti. Amit amit

exoteaser2Teaser dilanjutkan dengan 24 gasing yang berputar (kali ini gasing yang berputar tenang alias gak terombang-ambing). Mungkin gasing yang disini diibaratkan sebagai fans EXO yang gak kenal lelah dan tetap teguh meskipun gasing utama (exo) telah berputar dengan tidak tenang. Menurut aku sih video ini diambil dilokasi yang hampir sama dengan MV Red Velvet Be Natural

Cuman settingnya EXO keliatan lebih buluk sedangkan milik Red Velvet lebih mewah.

 

Setelah itu teaser dilanjutkan dengan gambar-gambar yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari dengan objek utama poligon. Menunjukkan EXO sudah berada dimana-mana, dari tingkat bakteri hingga mesin-mesin berat.

exoteaser10 exoteaser9 exoteaser8 exoteaser7 exoteaser6

EXO sudah menjamur. Sudah mendarah daging didalam urat nadi Hallyu Wave. Bener banget. Diseluruh acara dan penghargaan pasti ada grup yang sekarang ber sepuluh ini.

Entah apa konsep yang akan diusung awal tahun nanti. Bisa aja ngelanjutin Overdose atau bikin konsep baru dari remaja srigala jadi-jadian, naik tingkat ke vampir overdosis, menjadi psikopat sakaw yang gak pake sepatu. Tengok aja penampilan Kai- Deep Breath pas di MAMA. Kerasa banget sakawnya. Efek lensa dan nggak pake sepatu. Well, cocok banget sama konsep Kai yang titik titik.

Yah semoga di tahun yang baru EXO menjadi sesuatu baru yang gak banyak masalah. Ibarat Semakin tinggi pohon semakin kuat angin yang menerpa, begitulah memang EXO harus bergulat dengan kerasnya industri K-Pop. Semoga SM balik ke yang dulu lagi dimana hengkangnya artis menjadi sesuatu yang langka.

Get well soon, SM….

 

Note : ini sekedar bacotan saja, gak ada niat untuk menjatuhkan atau menjelekkan siapapun. Catat ini. Terima kasih…..

Leave Your Review Here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s