[K-NEWS] Cara Daftar SM GLOBAL AUDITION 2015 INDONESIA

sm audition 2015

Setelah menggelar global audisi tahun lalu yang cukup membuat fans kpop gempar dan heboh, kali ini SMEnt akan menggelar audisi (lagi) dengan tambahan satu kota. Surabaya dipilih sebagai kota yang kedua entah apa alasannya. Surabaya juga kota besar kan? Tapi lebih terkenal Bali. Kenapa nggak Bali? atau kenapa gak Malang aja biar aku bisa ikut, eh.

Nanti dibahawah akan aku kasih tutorial buat daftar SMGA (SM Global Audition) tahun 2015 baik wilayah Jakarta atau Surabaya caranya sama. Tapi sebelum itu kenapa kita gak flashback dulu sama SMGA tahun kemarin? yang katanya sampe dihentikan (paksa) karena mengganggu lalu lintas alias bikin macet. Dengan adanya kejadian ini bisa ngejelasin bahwa fans Indonesia itu nekat. Well, maaf untuk bahasa yang satu ini. Tapi jujur aja pas aku gak sengaja nulis tutorial kayak gini tahun lalu, visitor blog ini naik 1000-1500 tiap harinya. Ga pasti seribu dua ribu sih cuman pas aku cek secara berkala pasti naiknya cukup signifikan. Berangkat dari angka kurang dari 1000 sampe kira-kira 1 bulan setelah SMGA naik hingga 120 ribu. Gimana gak seneng coba? Gara-gara itu juga ask.fm aku penuh (sampe sekarang masih nyisain sekitar 90 pertanyaan SMGA yang belum aku jawab)

Picture2Maaf banget buat kalian yang sempet nanya dan nggak aku jawab. Jujur aku udah bosen ngejawab pertanyaan yang sama dalam sehari. Bayangin aja dalam sehari ada yang nanyain ‘gimana cara daftarnya’ ‘aku boleh gini nggak’ lebih dari 20 kali? Bete kan. Tapi aku seneng juga sih soalnya ask.fm aku laku setelah itu haha seenggaknya gak sia-sia bikin itu akun, ngek. Haha awal kali buka ask.fm, kira-kira 4 hari atau 5 hari aku ngepost artikel, langsung nangkring 40 pertanyaan. Awalnya juga nggak nyangka, tapi akhirnya asik juga jadi orang terkenal. Hoho ngaco.

Selain ask.fm, email sama twitter ikut rame. Banyak yang minta ke aku untuk ngebuatin dia akun smtown. Aku sih iya-iya aja, tapi pas dicoba malah error. Pas udah dapet dan dikirim passwordnya, eh dia udah bikin akun, nyesek (/.\).

Banyak pertanyaan yang menurut aku lucu. Gak selucu lo saat liat Runningman, enggak. Cuma agak aneh aja.

Misalnya :

*Kak/Unnie/Min enaknya aku ikut audisi nari atau nyanyi?

Jedengg aku harus jawab gimana, tatap muka aja belom ya. Ditambah lagi aku gak punya bakat nerawang apalagi baca aura. Biasanya pertanyaan kayak gini aku jawab ‘yang paling kamu yakini’

*Aku pingin ikut bagian nyanyi, tapi aku bisa juga nyanyi. Enaknya yang mana?

Halah ini hampir sama kayak yang diatas. Makin bingung aja ini. Oke kalo kamu ngerasa seperti Hyorin yang bisa nari seksi tapi suara masih aduhai ya gapapa. Biasanya aku jawab ‘salah satu aja yang menurutmu terbaik.’

*Aku pengen pake banget ikut audisi tapi kayaknya aku ga bisa dateng

Hgggg sama…. Gak ada yang salah sama pertanyaannya karena aku juga ngerasa kayak gitu pas ada gosip SMGA di Indo. Yang salah adalah KENAPA TANYA KE AKU?

*Ada usulan lagu gak? Aku pengen ngeluarin bakatku

Setelah tau pertanyaan kayak gitu aku udah muter otak buat nyari lagu. IU-You and I, 15& I Dream, Baek Ah Yeon – Tell Me, Taeyeon- Closer. Terus ditanya lagi. “Aduh jangan yang itu, terlalu tinggi.” Nah loh kan aku cuma usul ya kenapa malah dimarahin

*Kak/Unnie kok tahu banyak info, kakak trainee SM ya?

Ini pertanyaan yang paling bikin aku senyum-senyum selama seminggu. pas awal ngebaca juga bikin aku ketawa guling-guling sampe kejengkang. Berasa enak gitu ya jadi narasumber. Aku juga gak tau jalan pikirannya, well untuk seseorang yang pernah nanya ini ke aku. Semoga dia baca, makasih haha😀

Dengan adanya SMGA 2014 itu juga aku jadi punya banyak temen. Punya banyak seseorang yang haus berita, jadi aku gak nganggur dan ada gunanya. Makasih makasih makasih.

Tapi tapi tapi semua itu jadi sia-sia karena pas hari H-nya audisi kita malah disuruh nulis form lagi tanpa ditanyain lo udah daftar online belum. Bangke banget masa. Udah nulis tutorial sampe mata pedes eh gak kepake sama sekali. Kabar ini sih aku dapetin dari blog-blog yang pemiliknya ngikut audisi, termasuk si pakar kaoskakibau kak Ron. Katanya pas kita masuk Manhattan kita diarahkan ke lokasi audisinya, nulis form lagi, lalu nunggu sampe jenggotan. Baru bisa masuk per sepuluh orang buat nunjukin bakat. Gilak! Langsung 10 satu tarikan. Audisinya ngadep ke kamera, kalo jurinya tertarik dia bakal meminta dia lagi buat nunjukin bakatnya lebih dalam. Apa ini adil? Bagaikan nyari tusuk tunggal diantara rajutan tusuk ganda. Itu sulit banget. Bayangin aja jika kamu udah berewokan nunggu dengan bakat penuh di saku tapi pas kamu udah didepan juri, kamu dilewatin gitu aja karena mereka udah terlalu bosen denger suara merdu ratusan orang. Bayangin… Bayangin…

Tapi bayangin juga sih saat kalian ditunjuk jadi panitia audisi oleh SM. Kalian diberi tugas buat ngerekap semua data orang yang mau ikut audisi. Milah-milah mana orang yang udah daftar online sama yang belum. Kalo aja yang daftar online pasti dateng audisi sih gapapa, masalahnya kebanyakan dari mereka (termasuk aku) daftar online cuman buat bikin tutorial dan iseng aja. Bakalan gak tidur seminggu kayaknya. Mungkin itu juga alasan SM gak make formulir yang diisi saat daftar online, mereka menggunakan formulir lagi saat audisi lapangan. Cuman pas kita daftar online, beberapa hari sebelum hari H kita bakalan dapet semacam undangan elektronik yang berisi waktu dan tempat audisi. Dikira biar kita nggak salah masuk hotel buat audisi. Ya mungkin mereka kira kpopers Indo gak solid gitu ya pake dikasih tempat audisi secara sembunyi-sembunyi hahaha. Atau bisa aja mereka ngasih sistem daftar online dulu sekalian buat nyurvei seberapa besar pengaruh audisi ini pada kpopers indonesia yang notabene haus akan bertemu idola. Well, seharusnya mereka gak usah nulis “Hanya yang mendapatkan email yang berhak ikut audisi lapangan.” Kalo akhirnya gak kepake malah bikin sakit hati, kan?

Banyak diantara readers waktu itu yang nanya ke aku. “Emailnya itu semua dapet atau orang tertentu aja?” Mungkin bagi readers hanya seseorang yang punya bakat ‘wah’ dan menarik bagi juri. Ya aku jawab, ‘aku kurang tahu mungkin banyak yang dapet’ karena aku juga nggak tahu sistemnya kayak gimana. Waktu itu aku juga belum paham ’email’ yang dimaksud SM itu yang kayak gimana, mungkinkah ucapan selamat, ucapan bahwa mereka tertarik atau apa, kalo pada akhirnya itu email cuma berisi tempat audisi yang kemudian hari ada di web SM sendiri mending gausah ngancem-ngancem kayak yang diatas. Serasa lo gak bisa dateng ke pernikahan temen lo karena lo gak dapet undangan, meskipun di acara pernikahan gak harus nyetorin undangannya. Ibarat kalah sebelum perang -,-

Yang bikin nyesek lagi kan semua peserta diharuskan datang ke tempat audisi. Tapi pas hari ke tiga audisi peserta yang dijadwalkan audisi di hari itu malah hanya harus mengirim ‘video’ audisinya ke email SM. Sebagai ganti rugi karena mereka harus memberhentikan paksa audisi. Sebenernya ini peluang besar bagi aku, kamu dan mereka yang belum beruntung dapat ijin dari orang tua. Kalo aja dulu aku ikut dan dapet jadwal hari ketiga, mungkin aku udah jadi anggota Red Velvet dengan ombre rambut warna ungu, halah. Yang jelas coba aja dulu daftar, mumpung emailnya belum penuh. Karena pas udah semakin deket hari H web dan email SM akan semakin meng-errorkan dirinya. Good Luck!

skip aja cincong diatas, gak penting banget. Aku cuman pengen curhat gimana rasanya kalo blog itu rame dan gak banyak siders😀

🙂 :’)

 

Sistem dan syarat untuk audisi tahun ini masih sama. Hanya tempatnya aja yang beda.

smga2015

Peserta ‘harus’ atau mungkin lebih afdol jika mendaftar online terlebih dahulu. Bisa lewat email atau web resmi SM Global Audition. Lalu peserta akan mendapat email balasan langsung dari SM yang berisi tempat dan waktu dilaksanakannya audisi. Setelah itu peserta harus melakukan audisi lapangan sesuai tempat yang telah diberitahukan lewat email. Apabila pihak juri merasa tertarik maka SM akan menghubungi peserta lewat data diri yang telah diisi saat audisi lapangan. Setahu saya, setelah kalian memenangkan SMGA untuk wilayah Indonesia kalian akan dibawa lagi untuk bertanding dengan kontestan dari negara lain. Hingga SM hanya mengambil satu atau beberapa dari kalian yang mereka anggap menarik.

Keterangan :

  • Dapat diikuti oleh siapa saja tanpa batasan usia, jenis kelamin, kewarganegaraan
  • Bagian – Nyanyi, Dance, Acting, Model(Fashion/CF), Komposisi/Lyrics
  • Biaya – Tidak ada

Persiapan audisi :

1. Bagian Nanyi – tanpa musik, tanpa mic, lagu yang sudah ada atau lagu yang anda ciptakan sendiri (dalam waktu 2 menit)

2. Bagian Dance – Free style dance dengan musik yang disediakan oleh pihak penyelenggara (dalam waktu 2 menit)

3. Bagian Acting – acting improvisasi, acting transkrip yang disiapkan sendiri (dalam waktu 2 menit)

4. Bagian Model (Fashion/CF) – Fashion: menyiapkan walking & pose

5. Bagian Komposisi/Lyrics – Mengajukan Dokumen lyrics atau CD komposisi (Ini boleh membawa dokumen ke lapangan audisi atau melampirkan file ketika mendaftar online terlebih dahulu)

catatan penting dari pihak SMEnt :

※ Kami akan mengirimkan tempat dan waktu audisi melalui alamat E-mail yang Anda tulis. Hanya peserta yang mendapat E-mail itu diizinkan ikut lapangan audisi.

Mungkin ada beberapa pertanyaan mengenai persiapan audisi diatas. Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu.

Bagian Nyanyi : Peserta boleh menyanyikan lagu yang telah ada (artinya meng-cover lagu milik artis siapapun baik berbahasa inggris atau korea) Saran aku, kalo kalian pengen membawakan lagu berbahasa Korea, pelajarilah lagu tersebut dengan sangat mendetail terutama cara pengucapannya. Jika kalian ingin menghindari kesalahan, kalian bisa memilih lagu berbahasa Inggris. Kalian juga diperbolehkan menyanyikan lagu yang kalian ciptakan sendiri. Dan menurut aku ini langkah yang cukup baik untuk menyita perhatian juri. Dalam anggapan mereka, kalian tak hanya pintar menyanyi tapi juga menciptakan lagu. Meski tak ada petunjuk untuk membawa alat musik, saya sarankan jika kalian ingin membawakan lagu kalian sendiri bawalah gitar untuk mengiringi. Itu nilai plus untuk kalian. Diantara bidang yang lain, menurut aku bidang inilah yang paling mudah. mengapa? Semua orang bisa bernyanyi. Meskipun tak memiliki suara bak Ailee atau Wendy. Kalian bisa memilih lagu yang sesuai dengan suara kalian. Gak semua penyanyi bersuara bagus, yang penting mereka bisa bernyanyi. Contohnya Yoona dan Irene (bias saya) mereka tak pandai bernyanyi tapi mereka visual. Gak ada yang gak mungkin kawan.

Bagian Dance : Dance yang dimaksud disini adalah freestyle alias dance tanpa persiapan dengan musik yang sudah dipersiapkan juri. Bukan kalian meng-cover dance girlgrouop atau boygroup yang mungkin pernah kamu cover sebelumnya. Mungkin boleh mengambil beberapa gerakan yang ada pada gerakan GB or BB. Tapi kebanyakan freestyle tidak menggunakannya. Jadi jika kalian ingin mengambil bidang ini, banyak kuasailah teknik-teknik dasar dance seperti hip-hop atau break-dance.

Bagian Acting : Hampir sama dengan casting-casting di Indonesia. Kalian bisa menggunakan bahasa indonesia atau inggris (atau Korea jika bisa). Yang penting tunjukkan penjiwaan kalian terhadap teks yang kalian ambil.

Bagian Model : Hampir sama dengan audisi modeling di Indonesia. Siapa tahu kalian  bisa jadi model SM dan jadi model video klip EXO seperti Yoon So Hee.

Bagian Komposer : Kalian bisa mengirim demo lagu yang kalian ciptakan saat daftar audisi online. Bisa diupload terlebih dahulu atau dilampirkan via email. Atau kalian bisa membawa demo CD saat audisi lapangan nanti.

Untuk saat ini pendaftaran online belum dibuka, hanya pendaftaran lewat email. Untuk daftar lewat email caranya masih sama dengan tahun lalu. Cara daftarnya bisa kalian baca disini (x) kirimkan email kalian ke 2015indonesia@smtown.com

Untuk kolom wilayah kalian bisa memilih ‘JAKARTA’ atau ‘SURABAYA’. Selebihnya sama.

Untuk info lebih lanjut kalian bisa tanya sendiri ke pihak SM. Semoga saja kalian beruntung dan mendapat jawaban. Saya pernah mengirim email tahun lalu dan sampai detik ini belum dibalas haha. 2015help@smtown.com

Keterangan diatas dikutip langsung dari web resmi SMEnt. Jika kalian punya pertanyaan yang butuh penjelasan, silahkan bertanya pada koom komentar. Saya akan mencoba membantu. Pertanyaan apapun akan coba saya jawab😀

Tolong isi survey di bawah ini ya!😀

Do Not Copas without permission.😀

astriadhima

2 thoughts on “[K-NEWS] Cara Daftar SM GLOBAL AUDITION 2015 INDONESIA

Leave Your Review Here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s