Recomended FF 10080

10080

Saya sangat merekomendasikan ff ini. Sungguh!

Original by Exobubz (here)

Indotrans by violetkecil and monggu (here)

Length : Oneshoot, Cast/Pairing : Baekyeol

Makasih buat kak violetkecil sama kak monggu yang udah menerjemahkan ff  ini dengan sangat bagus.

 

Kayaknya udah telat banget kalo aku baru koar-koar soal ff ini sekarang. Mengingat ff ini udah di publish di AFF tahun lalu. Ya, alasan utama aku belum mau baca ff ini karena temanya Yaoi. Aku sebenernya ga suka baca beginian, aku lebih suka baca yang real cowok falling in love ke cewek. Berasa nyata dan nggak dibuat-buat. Juga gak bikin eneg. Alasan kedua karena aku kurang dapet feel kalo baca ff bahasa inggris. Dor, emang sih pas baca ff eng sama ind itu beda sensasinya. Bagi sebagian orang kan kalo baca ff eng itu menyenangkan, nambah kosakata dan sebagainya. Tapi bagi aku? Feelnya gak bakal dapet karena sibuk nyari kosakata di kamus. Aduh. Jadi intinya kalo baca ff eng itu cuman dapet intinya doang, hiburan bahasanya kurang -,-

Tapi setelah aku nemuin indotransnya kak violetkecil di exofanfiction, aku sempet baca satu paragraf. Lagi-lagi karena temanya boyxboy jadi aku tinggalin. Ga jadi baca.

Aku adalah tipe pemilih dalam urusan baca ff. Kalo kata orang ide cerita itu yang paling penting, aku malah ngambil kalo cara penulisan itu yang paling utama. Percuma aja kalo idenya serumit labirin yang ada di MV exo tapi cara penggambarannya kurang. Hanya berisi dialog dan deskripsi yang menjemukan. Ide cerita yang sebenernya wow jadi terlewat biasa dan males buat dibaca. Tapi kalo bahasanya nyess di hati dan enak dibaca, mau konfliknya mainstream atau sederhanapun ff itu bakalan bagus. Pas aku ulangan bahasa indonesia bab cerpen kan ada tuh unsur intrinsik, dan disalah satu soal aku nemu yang intinya kayak gini.

Cerpen memiliki konflik yang sederhana, bahkan terkadang ada sebuah cerpen yang tidak memiliki konflik. Tetapi cara penulisan dan cara penggambaran cerpen yang bagus membuat cerpen enak dibaca dan dikatakan berhasil.

 

Intinya, pemilihan kata untuk penggambaran suasana dalam sebuah karya tulis itu sangat penting. Melebihi masalah yang disajikan dalam cerita itu sendiri. Tapi aku juga gak setuju sih kalo ff itu cuma bahasa doang yang muluk-muluk, seenggaknya konflik yang gak biasa turut membangun keberhasilan ff itu juga. Percuma juga kalo bahasa selangit tapi isinya kosong. Intinya keduanya penting, tapi menurut aku penulisan paling penting. Jadi plin-plan.

Begitu juga ff yang ini. Kalo menurut aku konflik yang disajikan disini sederhana. Seorang pasangan yang dulu saling mengasihi lama-lama juga luntur karena hadirnya orang ketiga. Saat pasangan ini mencoba mengakhiri hubungan malah ujung-ujungnya ada yang mati karena terkena penyakit. Well, aku pernah denger cerita hampir kayak gini, cuman agak bahagia dikit (?). Cerita yang aku denger, di NET tv sebelum azan Magrib pas Ramadhan yang nyampein Arman Maulana nya Gigi. Ceritanya ada sepasang suami istri yang akhirnya ingin mengakhiri hubungan. Tapi si istri ini minta satu permintaan sebelum mereka bercerai. Ia meminta sang suami untuk menggendongnya kemanapun ia pergi selama satu bulan. Demi bercerai, si suami menyetujui. Akhirnya sang suami ini menggendong istrinya setiap hari. Hingga sang suami sadar bahwa wanita yang menjadi istrinya ini sungguh cantik dan baik hati. Di akhir hari sang suami berangkat bekerja. Saat ia akan pulang dan membawa sebuket bunga, istrinya sudah meninggal karena sakit keras. Inti menyedihkannya adalah meninggalnya salah satu tokoh. Jujur itu juga yang bikin aku nyesek di FF ini.

Tapi di ceritanya Exobubz ini ada yang beda. Selain si Baek mati, yang bikin aku nyesek itu pas Baekhyun bilang “Terima kasih kau masih mengingatnya.” itu kayak “Aduh gini banget kalomau pisah.” Selain itu juga kode-kode biner yang ternyata artinya bikin nyesek juga. Aku masih mencintaimu. Aduh, nangis lagi

Disini juga disertakan mengenai angka-angka biner yang lebih rumit dari logaritma. Ini suatu ilmu baru yang bisa kita dapat. Biner atau Bineria sendiri merupakan bilangan berbasis dua yang merupakan dasar dari bilangan-bilangan digital. Dalam istilah sehari-hari kita juga mengenalnya bit. Lebih umum lagi kita mengenal Byte. 1 Byte = 8 bit. Nambah puyeng. Intinya sistem ini selalu menggunakan angka 0 dan 1. Jadi jangan kira salah cetak pas kamu baca angka biner di ff ini.

Aku juga gak ngerti gimana bilangan biner itu bisa dibaca sebagai satu kalimat. Entah di konversi dengan apa. Yang penting udah ada penjelasan dibawahnya jadi gak usah bingung-bingung.

Salah satu hal yang bikin penasaran juga profil sebagian tokoh yang gak dijelasin secara lengkap. Misal tokoh Luna yang tidak diketahui secara jelas siapa dia. Ini mau gak mau bikin kita penasaran, menebak-nebak siapa tokoh Luna disini. Apa pacar Baekhyun, adik, bibi atau sodaranya? Readers dibikin ngayal sendiri.

Dijelaskan bahwa pengorbanan itu penting. Demi melihat orang yang kita cintai bahagia, kita rela melakukan apa saja. Disini aku nemuin inti dari cinta/kasih sayang. Emang bener kata lagu-lagu, cinta emang gak harus memiliki. Saat Chanyeol memutuskan untuk bercerai dan memilih orang lain, si Baekhyun kayak adem ayem aja. Dia masih mencintai Chanyeol tanpa harus mendapat balasan dari dia. Toh pada akhirnya justru orang yang Chanyeol sia-siakan adalah cinta sejatinya. Cinta yang membuatnya menyesal telah meninggalkan. Nangis lagi.

Satu hal lagi yang menurut aku udah biasa tapi malah jadi bagus. Yaitu permintaan Baekhyun yang pengen Chanyeol pura-pura kayak dulu lagi. kan kita banyak nemuin yang kayak gitu, di drama atau ff. Tapi yang bikin gak biasa itu penunjuj harinya. kalo biasanya kan kita cuma make hari ke satu, kedua, terakhir dan sebaginya. Ini malah dikasih deretan angka yang menggambarkan menit dalam satu minggu. Semisal 1440 untuk menggambarkan hari pertama, 2880 untuk hari kedua dan seterusnya sampe 10080 untuk hari ke tujuh. Gak mikir sampe situ kan?Ngapain juga ngitungin. Aku kira si author ini cuma ngasal ngasih judul itu. Mungkin sekumpulan angka yang artinya apa, atau tanggal berapa yang disingkat. Eh tapi malah jumlah menit dalam seminggu. Sebelum mereka berpisah. Duh rasanya nyess banget di hati.

Terakhir. Meski di ff ini ada beberapa adegan yang ‘tanda kutip’ bukan jadi masalah. Penggambarannya juga gak gamblang alias tersirat. Jadi abaikan aja yang itu, anggap sebagai proses haha. Selain ff oneshoot yang lumayan panjang, bikin banyak pose pas baca ini, FF ini bikin aku ternganga mengenai lika-liku hidup yang terkadang terlihat sederhana tetapi sebenarnya sangat kompleks. Juga penyesalan yang selalu datang di akhir meng-ultimatum kita agar lebih berhati-hati. FF ini sukses menghibur sekaligus menguras persediaan air mata. Siap-siap aja tisu yang dibasahin. Abis nangis kelopak mata langsung diteken-teken atau dipijat. Lalu ditutup sama tisu basah beberapa menit. Biar besok pas disekolah gak dikira galau karena mata benjol abis nangis.

Akhirnya, selamat membaca dan menangis ria😀😀

Really recomended.

 

Leave Your Review Here...

