[TUTORIAL] Cara Membuat Poster FF Pemula (Photoscape)

Education Concept

Sesuai dengan judulnya, di postingan kali ini saya akan membuat tutorial kecil-kecilan bagi kamu yang pengen banget ngebuat poster FF sendiri. Semua bisa meskipun dengan keahlian minim. Berikut tips nya..

Selain unsur cerita yang diusung dalam sebuah fanfiction, kehadiran poster juga turut andil dalam menjerat hati para readers. Ada beberapa readers yang mengaku bahwa mereka membaca sebuah ff karena posternya bagus. Juga dari cover kita bisa melihat bagaimana tema cerita secara keseluruhan. Seperti cover berikut karya AIDEN TOP (here)

mylovelysister

Hanya melihat poster saja kita dapat menentukan sendiri bagaimana cerita ini secara keseluruhan. Pasti ada unsur mysteri, balas dendam dan darah-darahan. Gak percaya? bisa baca ceritanya disini (here)

Lalu apa yang ada di pikiranmu saat melihat poster karya Sasphire (here) ini?

voodoo doll sasphireHantu? Horror? Psycho? Yup, bener banget. Dari tulisan warna merah sampai pemilihan gambar yang misterius sukses membuat pembaca merinding tanpa harus membaca ff nya sekalipun. (ff nya bisa dibaca disini)

Dari contoh diatas udah kebukti bahwa poster ff sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup ff itu sendiri. Buat kalian para pemula ga perlu khawatir karena kalian bisa request poster di page-page yang menyediakan jasa seperti Cafe Poster dan Highschool Graphic

Atau kalian berinisiatif untuk membuat poster karya kalian sendiri?

Gak masalah. Ayo kita belajar.

Postingan ini dibuat emang buat kalian para pemula yang mau belajar bikin poster ff sendiri. Saya yakin kalian ga perlu punya keahlian karena ini tutorial gampang banget. Bahkan kalian yang baru kenal photoscape pun bisa mengikuti tutorial ini dengan mudah. Cuma modal gambar dan ketelatenan aja😀

Untuk kalian para pemula aku ada beberapa tips agar kalian lebih gampang ngebuat poster yang sesuai tema.

Pertama:

Sesuaikan gambar kalian dengan tema. Misal, apabila ff kalian bertema sedih, sad, angst dan sejenisnya, pilihlah gambar tokoh dengan ekspresi sedih pula. Contoh

sulli2Gambar Sulli diatas (tanpa memperhatikan parfum yang dia bawa) cocok untuk ff bertema sad dan angst. Juga baju serta dandanan yang kalem makin menambah suasana sad. Berbeda dengan gambar yang ini

t-ara_number_9_jiyeon_1Wajah Jiyeon yang terlihat misterius cocok untuk ff yang bertema misteri dan psycho.

Sepertinya tips ini sudah umum untuk semua orang.

Kedua :

Pilih gambar idola saat dia sedang photoshoot. Bisa pas dia photoshoot buat majalah, iklan atau albumnya. Contoh

tumblr_mhdbg7qLwt1rm7fruo1_500Gambar diatas adalah gambar Hyeri Girl’s Day disalah satu pemotretan. Gambar diatas cocok juga untuk ff sad. Tujuan dari poin ini adalah untuk memudahkan para pemula dalam mengedit. Jika kalian mengedit gambar seperti diatas cukup ditambahkan teks dan coloring maka poster kalian selesai.

berbeda dengan gambar seperti ini

tumblr_mnnshqYzj61rn86lwo1_400Sah sah saja jika kalian mengambil gambar diatas. Cuman pertanyaannya, apakah gambar diatas cocok untuk poster? Kalo menurut aku jawabannya tidak.memoar1

memoar2Menggunakan font yang sama, menurut kalian mana yang lebih enak dilihat?

Tentu gambar Hyeri kan?Untuk itulah aku menghindari gambar selca sebagi poster. Aku harap kalian mengerti apa yang aku maksudkan di poin ini.

Ketiga:

Jangan terlalu banyak asesoris

Ini mirip-mirip alay. mentang-mentang kalian baru belajar photoscape terus kalian nambahin semua gambar yang ada didalamnya. Ini salah guys.Coba lihat gambar ini

merried1

Bagus sih ya. Tetapi apa feel ff nya dapet? judulnya Merried – Love is pain anymore- bukankah itu berasa sedih? Lalu apa arti bunga-bunga dan kado?

Akan lebih nyaman jika HANYA seperti ini

merried2Terasa gak bedanya?

Juga, semoga kalian mengerti poin ini

Keempat :

Usahakan tidak memakai fitur page

Sepertipentagon

Oke, aku ngerti kalo kalian pake cast super banyak. Dan yah kalo kalian udah mahir ini gak bakalan jadi masalah. Cuman, (inisih menurut aku ya) kalo kita masih pemula usahakan sembunyikan predikat “pemula” tersebut dari poster kalian. Untuk alternatif cast banyak, kalian bisa memilih salah satu cast yang menurut kalian paling dominan. Misal, kalo di ff atas yang paling dominan itu Sehun, ya sudah pakai foto Sehun saja yang lagi ada di photoshoot (Jangan lupa sesuaikan dengan tema sesuai poin pertama ^^)

Agak terlihat kaku dan kurang menarik jika kalian memakai aplikasi page. Inisih menurut aku ya. Jadi mirip seperti selca.

Kelima :

Gunakan font dan warna yang sesuai.

Masih gambar yang diatas. menurut kalian apa yang dirasa janggal dan aneh?

Font dan pemilihan warna font pasti. Usahakan gunakan font yang sesuai dengan tema. Misal, font mirip tulisan tegak bersambung (latin) cocok untuk ff sad. Font dengan kesan tegas dan kapital cocok untuk ff action dan sebagainya.

Yang gak kalah penting adalah warna font dengan gambar. Usahakan antara warna font dan gambar itu serasi. Jika gambar dominan warna putih, maka carilah warna yang ga terlalu banyak kelihatan tetapi masih ada dalam gambar. seperti contoh poster Merried diatas. Masih ada kesan warna biru muda dan abu abu kan?

 

Itu tadi beberapa poin yang menurut aku penting buat kalian para pemula. Tetapi aku akan negasin bahwa tips diatas cuma pendapatku aja, jadi gak 100 persen akurat.

Dan kita akan masuk ke tutorial inti.

Cara membuat poster untuk pemula menggunakan ‘Photoscape’ :

(klik gambar untuk memperbesar yah ^^)

Pertama :

Siapkan bahan gambar yang akan kalian edit

tutorposterff1

Sesuai dengan poin pertama. Aku memakai gambar Chorong di photoshoot album pertama APink. Tema ff kali ini adalah Romance sedikit fantasy (?)

Kedua :

Mulai mengedit

tutorposterff2

Langkah kalian yang pertama adalah membuat judunya

tutorposterff3

tutorposterff4

tutorposterff6

tutorposterff8  tutorposterff10

Sebenarnya, jika kalian sudah berada di langkah ini, poster kalian telah selesai. Cuman, agar gambar terlihat lebih menarik dan menyatu kita harus mengatur warna terlebih dahulu. Ini mirip seperti ‘Coloring’ jika di photoshop

tutorposterff11

 

Akan langsung terlihat bedanya seperti ini

tutorposterff12

tutorposterff13 tutorposterff15 tutorposterff16 tutorposterff17tutorposterff18 tutorposterff19 tutorposterff20 tutorposterff21 tutorposterff22

Setelah kalian berada di tahap ini, itu artinya kalian telah berhasil membuat poster FF. Selamat!😀

Selanjutnya tinggal save gambar kalian

tutorposterff23

Jeng Jeng! Bagaimana hasilnya? Apakah memuaskan?😀😀

Poster ff Chorong

Saya yakin kalian pasti bisa. Karena tutorial ini masih level 1 dan itu gampang banget. Untuk poster dengan level yang lebih tinggi bisa ditunggu di blog ini lagi ya😀 Kita bakal belajar bersama-sama.

Terakhir, jika ada yang ditanyakan atau step yang gak jelas bisa comment dibawah.

Catatan [!!] : Dilarang mengcopy-paste postingan tanpa izin. Segala bentuk paste adalah larangan

 

astriadhima @pinkmonsterhouse

3 thoughts on “[TUTORIAL] Cara Membuat Poster FF Pemula (Photoscape)

Leave Your Review Here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s