[REVIEW BLOG STORE.id] Jangan Takut Belanja Online

Semakin lama jaman semakin berkembang pesat. Perkembangan ini membawa banyak perubahan pada gaya hidup manusia, terlebih di bidang teknologi. Sekarang manusia lebih menyukai kemudahan dan kepraktisan, karena itulah kini teknologi sangat dibutuhkan khususnya internet. Hampir semua pekerjaan manusia dapat dilakukan dengan internet seperti mengobrol, mencari hiburan, komunikasi, kirim email, bayar tagihan hingga belanja. Kini kita tak perlu repot-repot lagi datang ke toko untuk membeli barang, dengan internet kita tinggal klik lalu tunggu barangnya dirumah itu sudah cukup. Yup, toko online atau online shop akhir-akhir ini marak dibicarakan. Menurut sejarahnya online shop muncul pertama kali pada tahun 1994. Mereka memasang banner/iklan di halaman-halaman web. Karena dinilai memperlihatkan hasil yang cukup memuaskan kemudian kegiatan ini berkembang pesat pada tahun 2000.

Tahun ini semakin banyak online shop baru yang menawarkan berbagai produk, dari pakaian, CD/DVD, kosmetik, aksesoris, sampai makanan. Mereka menyuguhkan banyak kemudahan, dengan pemesanan melalui email, inbox facebook, atau sms anda sudah dapat berbelanja online.

Meskipun online shop memberikan banyak keuntungan dan kemudahan, tak sedikit pula yang merasa belum ingin atau enggan berbelanja di online shop. Alasannya bermacam-macam ada yang merasa belum butuh, kurang nyaman, ribet sampai takut kena tipu. Semua kemungkinan itu bisa saja terjadi, banyak dari mereka yang pernah tertipu dari puluhan ribu hingga puluhan juta namun banyak juga yang merasa puas dan hobi untuk berbelanja online. Sekarang tinggal pribadinya masing-masing yang harus pintar dan jeli melihat online shop yang terpercaya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh konsumen pemula yang ingin berbelanja online dengan bijak :

  1. Jika anda sudah berani berbelanja online maka anda harus berani MENUNGGU DAN PERCAYA. Di dunia online kepercayaan adalah hal yang paling penting, karena bagaimanapun juga kita tidak bisa melihat barang yang akan kita beli secara langsung, bentuk tokonya hingga pemiliknya, kita harus percaya pada toko tersebut jika kita memang ingin berbelanja di toko itu. Selain itu kita juga harus sabar menunggu, dari awal proses produksi, packing hingga pengiriman. Semua itu butuh waktu yang gak sebentar, saran saya jika anda termasuk orang yang tidak sabaran maka anda tidak jodoh untuk berbelanja online sekalipun barang itu sudah ready (sudah tersedia) di toko nya.
  2. Berbelanja lah pada barang yang sangat anda butuhkan. Bisa saja barang yang dijual di online shop itu sudah ada ditoko sekitar anda, untuk anda yang kurang berani berbelanja online anda bisa datang ke toko yang ada disekitar anda. Baru jika anda merasa barang yang anda butuhkan itu tidak ada di toko dan terpaksa harus membelinya, online shop adalah pilihan yang tepat.
  3. Lihatlah dulu semua produknya. Jangan sampai anda menyesal setelah anda sudah mengisi format pesanan, jika anda sudah menyesal anda pasti berniat untuk membatalkan. Sebagai catatan, tidak semua pemilik online shop suka dengan hal ini. Mereka biasa menyebut “HIT and RUN” menghilang kemudian pergi tanpa ada alasan yang jelas, terkadang ada online shop yang langsung memblacklist jika ada konsumen yang seperti itu, itu artinya anda tidak bisa berbelanja di toko itu lagi karena dianggap tidak serius. Ada baiknya anda melihat produk-produk yang ada di toko tersebut terlebih dahulu, kemudian jika anda sudah mantap ingin membeli barulah anda mengisi format pemesanan.
  4. Jika anda belum mengerti, jangan pernah malu bertanya. Disetiap online shop pasti ada yang bertanggung jawab untuk menjawab segala pertanyaan dari konsumen, itulah kesempatan anda. Tanyakan yang perlu seperti “Cara pesannya gimana?” “Kira-kira barang sampai dirumah saya tanggal berapa?” “Berapa lama produksinya?” “Bagaimana cara saya membayar pesanan saya?”. Jangan pernah menanyakan hal-hal yang kurang penting seperti “Ini barangnya bagus gak?” “Ini olshop gak nipu kan?” “Barang yang ini sama yang ini bagusan mana?” “ Kok mahal amat!”. Pemilik olshop juga manusia yang berhak tersinggung dengan pertanyaan anda, gunakan kata-kata yang sopan dan jangan bertanya berlebihan kalo hanya  ingin coba-coba. Untuk menambah rasa aman, berbelanjalah di online shop yang memiliki Costumer Service yang ramah, sabar dan gak marah-marah pas kita tanya. Jika kita bertanya baik-baik tapi si Costumer Servicenya bales dengan nada kurang sopan atau kasar, mending pilih online shop yang lain saja. Hal yang sama perlu di lakukan jika online shop tersebut jarang membalas pertanyaan anda, gak harus sms jam itu dan harus dibales jam itu juga, semua butuh proses tetapi kalo anda sms pada hari ini lalu di bales dua hari lagi, sms lagi tapi bales nya minggu depan, hemmm mending mampir ke online shop yang lain aja.
  5. Lihat testimonial. Testimonal ini sangat berguna bagi konsumen, karena dengan media ini kita tahu seberapa besar kepuasan para pelanggan terhadap barang dan jasa yang ditawarkan toko tersebut. Namun anda tidak boleh percaya begitu saja, jika anda menemukan contact di testi nya akan lebih baik bagi anda untuk bertanya pada orang itu terlebih dahulu untuk meyakinkan tidak adanya kerja sama anatara olshop dengan orang itu. Jika orang itu menjawab sesuai testimonalnya maka anda bisa mempercayai testi tersebut. Sebanyak apapun testi yang online shop punya, mereka tetap manusia yang memiliki sifat berubah-ubah. Tetap ada kemungkinan untuk mereka berbuat criminal, tetapi tenang aja kebanyakan online shop yang memiliki banyak testi akan mempertahankan namanya, dan tak tergiur keuntungan sesaat.
  6. Tanya pada teman yang sudah pernah belanja online. Hanya pada teman kita tidak merasa malu untuk mengakui hal yang memalukan, anda bisa bertanya mulai dari yang sederhana seperti “Gimana sih cara pesennya?” atau “Online shop mana yang bagus?” jika suasana hati teman anda sedang bagus maka anda akan mendapat balasan yang bagus pula, usahakan anda bertanya pada teman anda yang jujur tak perlu berlebihan.
  7. Ajak teman untuk berbelanja bersama. Untuk memperkecil resiko, anda bisa mengajak teman anda untuk berbelanja, hal ini akan mengurangi kerugian anda jika anda ditipu oleh online shop. Setidaknya anda memiliki saksi untuk menuntut toko itu untuk bertanggung jawab.
  8. Cobalah mulaidari sekarang. Jika anda hanya membaca dan membaca itu tidak akan berguna, mulailah berani dan cobalah mulai dari sekarang. Kunci setiap pembeli yang bijak adalah berhati-hati dan pintar dalam mengambil tindakan. Selamat berbelanja ^^

Selain cara berbelanja di atas anda juga bisa membaca beberapa ciri-ciri online shop yang bisa anda percaya. Berikut ciri-ciri online shop yang terpercaya :

  1. Untuk online shop besar selalu memiliki website berbayar (.com .co.id dll)
  2. Ada costumer service yang sigap melayani, dari segi bahasa enak untuk didengar dan dibaca
  3. Selalu update produk atau info
  4. Untuk online shop kecil yang hanya berjualan lewat facebook atau twitter lihat dinding atau TL mereka, jika mereka aktif dalam promosi dan menjawab pertanyaan costumer itu bisa menjadi acuan.
  5. Harga tidak jauh berbeda dengan olshop lain (Harga normal atau sesuai pasar lebih baik, jangan tergiur harga murah)
  6. Testimonal dan kritik dari costumer selalu dilayani.
  7. Kejelasan akan produk (seperti tanggal produksi dan tanggal pengiriman)
  8. Tidak ada istilah “Ongkos Kirim Gratis Ke Seluruh Indonesia” (Memang banyak olshop yang menjanjikan demikian, namun pasti ada syarat-syaratnya. Cek dulu jangan terjebak)
  9. Tidak banyak komentar negatif dari kostumer (Biasanya olshop yang nipu selalu dipenuhin hujatan di web, facebook atau twitternya)

belanja-online-pinkmonsterNah, setelah paham bagaimana cara berbelanja online, ciri khusus online shop terpercaya, sekarang tugas anda adalah ‘Mencoba’ hanya dengan mencoba-lah anda dapat membuktikan bagaimana rasanya berbelanja online. Saya menyarankan anda berbelanja  di salah satu online shop terbesar dan terpercaya  dibidang fashion yaitu STORE.co.id. Disini anda bisa berbelanja pakaian dari anak-anak hingga dewasa, dari baju tidur hingga baju pesta. Tentu saja dengan cara yang sangat mudah, berikut caranya :

(klik gambar untuk memperjelas)

  • Log In

 Anda harus Log In terlebih dahulu sebelum berbelanja, jika anda belum pernah berbelanja di STORE.id anda harus daftar terlebih dahulu.

  • Daftar

  • Isi Format PendaftaranPicture3
  • Akun anda sudah siapJika anda mengisi data dengan benar maka akun anda siap untuk digunakan.
  • Mulailah berbelanjaPicture6Anda bisa melihat gambar produk terlebih dahulu. Jika sudah menemukan yang cocok, anda bisa meng-klik gambarnya. Lalu anda akan di arahkan ke detail produkPicture7Saat anda sudah mantap membeli produk tersebut, anda bisa meng-klik ‘Beli Produk Ini’ maka secara otomatis barang tersebut akan masuk ke keranjang belanja anda.
  • Proses BerbelanjaPicture10Jika anda masih ingin berbelanja lagi, anda bisa meng-klik ‘Belanja Lagi’ dan ulangi proses di atas, namun jika anda sudah merasa cukup anda bisa meng-klik ‘Selesai Belanja’. Lalu anda akan di arahkan pada sebuah halaman yang mirip nota belanja. Anda bisa mengetahui berapa harga keseluruhan barang. Jika anda mendapat kupon belanja, anda bisa mengisikan pada kolom yang ada di bawah.Picture12Picture13Setelah anda yakin dan berniat untuk membayar, anda bisa meng-klik ‘Check Out Sekarang’
  • Isi alamat pengirimanPicture14
  • Picture15Isilah alamat anda dengan jelas dan sebenar-benarnya, karena jika ada kesalahan terhadap alamat rumah anda sehingga barang tidak terkirim itu bukan tanggung jawab STORE.id. Anda bisa memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan keinginan anda, mau yang cepet atau lama itu terserah anda. Yang cermat ya ^^
  • Selesai belanja
  • Picture16Di halaman yang sama tepatnya di kolom bawah anda bisa melihat berapa total uang yang harus anda bayar, tentunya ada perbedaan harga dari jumlah uang yang tadi dengan yang sekarang, karena ada penambahan untuk ongkos kirim. Jangan khawatir, adanya ongkos kirim adalah hal yang sangat wajar di online shop. Setelah anda meng-klik finish, maka anda sudah membeli produk yang anda inginkan. Tinggal transfer uangnya dan tunggu barangnya di rumah, mudah kan.Picture18Anda masih butuh bantuan? Anda bisa mengisikan nama dan alamat email anda untuk bertanya. Dengan senang hati Costumer Service akan segera membalas pertanyaan anda. Di kolom bawah tersebut juga tersedia bagaimana cara belanja, promo-promo khusus, katalog, serta syarat dan ketentuan yang ada di STORE.id

 

 

 

Bagimana? Mudah bukan berbelanja online? Mudah pake banget kan ^^

Jaman sudah semakin modern, dan kita juga sudah dipermudahkan jaman, apa yang kurang coba? Kata yang harus anda buktikan adalah ‘Mencoba’. Dan mencoba adalah jawaban dari rasa takut anda. Kunci setiap masalah itu adalah ‘Mencoba, berusaha, berhati-hati, dan cermat’, lalu apa yang anda tunggu? Mulailah dari sekarang. selamat berbelanja ^^

 

Artikel ini adalah murni buatan Astria Dhima (astriadhima.wordpress.com)
Tidak ada unsur plagiarisme, semua murni fikiran saya sendiri. Siapapun tidak berhak meng-copy paste kecuali seizin saya.

Artikel ini mengikuti Lomba Review Blog yang di adakan STORE.id

©astriadhima.wordpress.com

One thought on “[REVIEW BLOG STORE.id] Jangan Takut Belanja Online

Leave Your Review Here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s